model pembelajaran matematika

MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Model pembelajaran matematika adalah kerangka kerja konseptual tentang pembelajaran matematika . pembelajaran matematika dimaksud adalah peserta didik belajar matematika dan pengajar mentrasformasi pengetahuan matematika serta memfasilitasi kegiatan pembelajaran . model pembelajaran matematika disini lebih luas dari pada stategi atau pendekatan . model pembelajaran matematika tidak lepas dari sistem pembelajaran yang mempunyai komponen : tujuan , pengalaman belajar , pengorganisasian pengalaman belajar merupakan komponen pokok dari sistem kurikulum dan pengajaran / instruksional ..
Ciri-ci khusu yang harus dimiliki model pembelajaran matematika secara umum adalah
1.      Rasional teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya .
2.      Tujuan pembelajaran yang harus dicapai .
3.      Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan berhasil
4.      Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai

1.   MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN

A.    Model Colaboratif
Ada beberapa unsur terpenting dalam belajar kolaborasi yaitu : tujuan yang sama dan ketergantungan positif . tujuan yang sama ada pada anggota –anggota dalam proses pembelajaran secara efektif mengarah pada tujuan yang direnncakan ..
Manfaat model pembelajaran colaboratif
a)      Meingkatkan pengetahuan anggota kelompok , karena interaksi anggota kelompok berpengaruh terhadap penguasaan konsep .
b)      Peserta didik memecahkan masalah dalam kelompok
c)      Memupuk sana kebersamaan antara peserta didik, mereka perlu mengenali sifat, pendapat yang berbeda dan mampu mengelolahnya . landasan filsapat manusia sebagai makluk sosial di aplikasikan didalamnya
d)      Meningkatkan keberanian , memunculkan ide atau pendapat untuk pemecahan bersama
e)      Memuupuk rasa tanggung jawab individu dalam suatu tujuan bersama
f)       Setiap anggota melihat dirinya sebagai milik kelompok .

B.     Model kuantum
Model kuantum secara garis besar adalah kualitas sesuatu mekanis yakni yang berkenaan dengan gerak . istilah kuantum mekanik adalah study tentang gerakan –gerakan partikel subatomic . sementara itu pembelajaran kuantum adalah seperangkan metode dan palsafah dimana peserta didik belajar diibaratkan suatu elekton yang ada di dalam atom , bergerak meloncat-loncat dari satu orbit ke orbit lain pada lintasan lainnya .
C.     Model Kooporatif
menurut kauchak dan eggen (dalam putra,2001:9) pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan mahasiswa untuk belajar secara kolaborasi dalam mencapai tujuan
D.    Model Tematik

Kegiatan model pembelajaran tematik dirancang berawal dari ide pokok dengan melibatkan beberapa bidang studi yang berkaitan dengan tema,guru berupaya melakukan pendekatan konteks dengan menyajikan secara utuh menyeluruh bukan parsial.Karakteristik yang menarik dari model pembelajaran tematik yakni kegiatan pembelajaran lebih banyak dilakukan melalui pengalaman langsung, atau hands on experience. tematik memberikan penglaman langsung dengan objek-objek yang riil bagi peserta didik untuk menilai dan memanipulasinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

aplikasi trigonometri dalam kehidupan

meningatkan minat belajar siswa dengan cara bermain pada pelajaran matematika