model pembelajaran matematika
MODEL PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
Model pembelajaran matematika adalah kerangka kerja
konseptual tentang pembelajaran matematika . pembelajaran matematika dimaksud
adalah peserta didik belajar matematika dan pengajar mentrasformasi pengetahuan
matematika serta memfasilitasi kegiatan pembelajaran . model pembelajaran
matematika disini lebih luas dari pada stategi atau pendekatan . model
pembelajaran matematika tidak lepas dari sistem pembelajaran yang mempunyai
komponen : tujuan , pengalaman belajar , pengorganisasian pengalaman belajar
merupakan komponen pokok dari sistem kurikulum dan pengajaran / instruksional
..
Ciri-ci khusu yang harus dimiliki model pembelajaran
matematika secara umum adalah
1. Rasional
teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya .
2. Tujuan
pembelajaran yang harus dicapai .
3. Tingkah
laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan
baik dan berhasil
4. Lingkungan
belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai
1. MACAM-MACAM
MODEL PEMBELAJARAN
A. Model
Colaboratif
Ada beberapa unsur terpenting dalam belajar kolaborasi
yaitu : tujuan yang sama dan ketergantungan positif . tujuan yang sama ada pada
anggota –anggota dalam proses pembelajaran secara efektif mengarah pada tujuan
yang direnncakan ..
Manfaat
model pembelajaran colaboratif
a) Meingkatkan
pengetahuan anggota kelompok , karena interaksi anggota kelompok berpengaruh
terhadap penguasaan konsep .
b) Peserta
didik memecahkan masalah dalam kelompok
c) Memupuk
sana kebersamaan antara peserta didik, mereka perlu mengenali sifat, pendapat
yang berbeda dan mampu mengelolahnya . landasan filsapat manusia sebagai makluk
sosial di aplikasikan didalamnya
d) Meningkatkan
keberanian , memunculkan ide atau pendapat untuk pemecahan bersama
e) Memuupuk
rasa tanggung jawab individu dalam suatu tujuan bersama
f) Setiap
anggota melihat dirinya sebagai milik kelompok .
B. Model
kuantum
Model kuantum secara garis besar adalah kualitas
sesuatu mekanis yakni yang berkenaan dengan gerak . istilah kuantum mekanik
adalah study tentang gerakan –gerakan partikel subatomic . sementara itu
pembelajaran kuantum adalah seperangkan metode dan palsafah dimana peserta
didik belajar diibaratkan suatu elekton yang ada di dalam atom , bergerak
meloncat-loncat dari satu orbit ke orbit lain pada lintasan lainnya .
C. Model
Kooporatif
menurut kauchak dan eggen (dalam
putra,2001:9) pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang
melibatkan mahasiswa untuk belajar secara kolaborasi dalam mencapai tujuan
D. Model
Tematik
Kegiatan
model pembelajaran tematik dirancang berawal dari ide pokok dengan melibatkan
beberapa bidang studi yang berkaitan dengan tema,guru berupaya melakukan
pendekatan konteks dengan menyajikan secara utuh menyeluruh bukan
parsial.Karakteristik yang menarik dari model pembelajaran tematik yakni
kegiatan pembelajaran lebih banyak dilakukan melalui pengalaman langsung, atau
hands on experience. tematik memberikan penglaman langsung dengan objek-objek
yang riil bagi peserta didik untuk menilai dan memanipulasinya.
Komentar
Posting Komentar