meningatkan minat belajar siswa dengan cara bermain pada pelajaran matematika

Meningkatkan minat belajar siswa dengan cara bermain pada mata pelajaran matematika

Matematika merupakan pelajaran yang tidak disenangi siswa . siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dan membosankan , karena dalam matematika siswa dituntut agar lebh serius pada saat belajar dan matematika harus memainkan pola pikiran dan logika untuk bisa mencapai suatu tujuan dari prores pembelajaran itu . atau karena siswa tidak menyukai guru yang mengajar matematika sehingga ia tidak menyukai pelajarannya .
Maka dari itu guru dituntut untuk lebih aktif lagi dalam melakukan proses pembelajaran , misalkan saja guru membuat suatu permainan yang menyangkut materi yang akan dipelajarin sekarang ini . dengan adanya permainan anak lebih senang dan bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga akan mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh guru tersebut . dan dengan cara bermain anak tersebut akan lebih mengerti dan memahami materi yang disampaikan .
Misalkan pada pelajaran peluang . biasanya alat yang digunakan untuk mempelajari peluang adalah dengan menggunakan dadu . dadu tersebut dilempar sebanyak –banyak sehingga kita akan memperediksikan berapa kali peluang mata dadu tersebut akan terbuka .  dengan adanya dadu anak bisa lebih mudah memahami materi peluang tersebut . karena banyak siswa yang tidak memahami materi dadu apabila disajikan dalam bentuk ceramah ataupun secara lisan saja .
Atau pada materi logaritma bisa menggunakan kartu domino . kartu domino adalah kartu yang banyak digunakan dalam kalangan pelajar, ataupun masyarakat . maka dari itu kita bisa memanfaatkan kartu domino caranya dengan sisi atas dan bawah kartu itu diubah dengan soal-soal logaritm tetapi hasil atau jawaban setiap soal antara 0-6. Cara permainannya sama dengan permainan kartu biasanya yang berubah adalah isi dari kartu domino itu sendri
Dengan menggunakan sebuah permainan dalam proses pembelajaran hasil minat belajar siswa  dan kemampuan siswa dalam mempelajari materi yang telah disajikan lebih meningkat lagi dan apa yang menjadi tujuan dalam proses pembelajaran tercapai dengan sebaik-baiknya . maka dari itu guru dituntut untuk lebih aktif dan kreatif lagi dalam proses pembelajaran dan guru harus memahami karakter siswa,karena setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

aplikasi trigonometri dalam kehidupan

model pembelajaran matematika